RSS

Referensi Pendakian: Gunung Merbabu (3.142 mdpl)

04 Jan

Referensi Pendakian: Gunung Merbabu (3.142 mdpl)

Gunung Merbabu merupakan gunung yang tergolong dalam gunung api tua yang terletak bersebelahan dengan Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung api aktif. Gunung Merbabu mempunyai banyak puncak-puncak bayangan (bukan puncak asli). Karena banyaknya puncak ini seringkali para pendaki mengeluh dan jenuh tapi justru hal ini yang menjadikan gunung ini menantang untuk didaki. Puncak gunung Merbabu terdiri atas dua puncak yaitu Puncak Sarif (3.120 mdpl) dan Puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl). Kedua puncak ini mempunyai panorama alam yang berbeda.

Untuk menuju ke puncak Gunung Merbabu ada 2 jalur utama : lewat Selo / Boyolali dan lewat Tekelan / Kopeng. Kedua jalur ini mempunyai medan perjalanan yang berbeda. Kalau kita lewat Selo jaraknya lebih jauh tapi mempunyai panorama yang indah. Pohon-pohon pinus di sepanjang jalan terasa menciptakan kenyamanan selama perjalanan dan bisa memandang lereng Gunung Merapi lebih dekat. Perjalanan lewat Tekelan / Kopeng jalurnya lebih landai tetapi  karena erosi oleh aliran air hujan menyebabkan rute perjalanan menjadi dua yaitu jalur lama dan jalur baru.

Kawasan di sekitar lereng Gunung Merbabu banyak ditanami sayuran pada musim penghujan dan pada musim kemarau ditanami tembakau. Kualitas tembakau disini terkenal baik dan menjadi tumpuan penghasilan utama penduduk Selo. Hutan di lereng Gunung Merbabu banyak didominasi oleh pohon cemara dan akasia, dan dihuni oleh kijang dan monyet.

Jalur Selo

Untuk mencapai Desa Selo yang merupakan desa terakhir yang dilalui kendaraan umum, dari arah Solo kita naik bis jurusan Boyolali kemudian naik lagi menuju Selo (20 km) yang terletak pada ketinggian 1.460 mdpl.

Setelah sampai di Desa Selo kita turun di pasar kemudian berjalan menuju Pos Polisi yang terletak tidak jauh, sekitar 100 m. Jalan menuju kampung terakhir dimulai di depan Pos Polsek ini. Sebelum langsung mendaki minta ijin terlebih dahulu di Pos Polisi ini. Perjalanan kita mulai menuju ke Kampung Tuk Pakis yang merupakan kampung terakhir untuk mencapai puncak Gunung Merbabu. Untuk tiba di kampung ini perjalanan melewati jalanan berbatu melalui kampung Jarakan (1.580 mdpl) dan Kampung Selo Tengah sekitar 1 jam perjalanan dari Pos Polisi.

Dusun Tuk pakis terletak pada ketinggian 1.800 mdpl, merupakan perkampungan kecil. mata pencaharian sebagian besar penduduk dusun ini dengan bertani sayur-sayuran. Untuk persediaan air sebelum mendaki sebaiknya mengambil di kampung ini karena sumber mata air tidak kita temui lagi sepanjang pendakian ke puncak Gunung Merbabu. Setelah sampai di kampung ini kita bisa bermalam di rumah Pak soenarto atau di rumah pak Prawiro (juru kunci gunung Merbabu) dan meneruskan perjalanan pada pagi harinya atau malam hari.

Dari rumah Pak Soenarto/Prawiro kita berjalan menuju ke arah batas ladang dan hutan yang tidak terlalu jauh. Dari batas hutan dan ladang perjalanan diteruskan di jalan setapak yang akan menemui banyak percabangan menuju ke atas tetapi jalanan akan bertemu di satu tempat yaitu di jalan pertigaan pertama.

Dari pertigaan pertigaan pertama kita menuju ke jalan yang lurus atau ke arah kanan sama saja, mulai akan bertemu di percabangan jalan. Dari percabangan kita ambil jalan ke arah kiri yang melewati sebuah bukit maka kita akan sampai di Dok Jarakan (45 menit), lalu jalan ke arah kanan kita akan sampai di Dok Malang. Perjalanan dari Dok Jarakan ke Dok Malang dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Dari Dok Malang kita berjalan ke arah kiri sampai ketemu hutan yang agak lebat, belo ke arah kanan menyusuri pinggiran jurang kita akan sampai di Pertigaan Ampel. Kemudian perjalanan diteruskan menyusuri jalanan lurus, lalu ke arah kiri selama 1 jam kita akan sampai di Pos Gopa, dan kita teruskan menuju Batu Gubuk.

Dari Batu Gubuk diteruskan lagi menuju ke Sabana I. Dari Sabana I jalanan mulai landai dan kita akan sampai di Sabana II, sebuah padang rumput yang letaknya di lereng Gunung Kukusan. dari Sabana II kita bisa langsung menuju ke Puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl), dan kita teruskan perjalanan ke Puncak Sarip (3.120 mdpl). Total perjalanan dari Selo ke puncak Gunung Merbabu membutuhkan waktu 7-8 jam perjalanan dan turunnya 5 jam perjalanan.

Jalur Kopeng      

   Dari Jogjakarta kita menuju ke arah Magelang, kemudian kita teruskan ke arah Salatiga, turun di Kopeng (15 km). Di Kopeng terdapat hotel maupun losmen untuk menginap.

Dari Kopeng perjalanan diteruskan menuju Desa Tekelan (1.595 mdpl) selama 1 jam perjalanan, yang merupakan desa terakhir. Di desa ini hendaknya para pendaki melengkapi perbekalan dan mengambil air untuk pendakian.

Dari Tekelan kita menuju Pos Bayangan (Pending), melewati kebun penduduk dan hutan pinus lalu diteruskan ke Pos Gumuk, perjalanan membutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan. Dari Pos I diteruskan menuju Pos II (Lempong Sampai) selama ½ jam. Setelah sampai di Pos II jalan diteruskan menyusuri hutan heterogen selama 1 jam akan menemui Pos II (Watu Gubuk) dengan ketinggian 2.400 mdpl. Ditempat ini kita bisa menikmati pemandangan lebih leluasa karena tidak terhalang pepohonan. Dari Pos II berjalan selama 1 jam lagi kita akan sampai di Pos IV pada ketinggian 2.880 mdpl, dimana terdapat pemancar TVRI. dari Pos IV perjalana kita lanjutkan ke Pos V yang membutuhkan waktu selama ½ jam perjalanan. Setelah dari Pos V kita menuju Puncak Sarip (3.120 mdpl) selama ½ jam perjalanan.

Puncak Sarip adalah puncak kedua setelah puncak Kenteng Songo. Perjalanan dari Kopeng sampai ke Puncak Gunung Merbabu memakan waktu sekitar 7-8 jam perjalanan dan turunnya membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan.

————–

* Sumber: Tulisan berdasarkan arsip database gunung-gunung Jawa di komputer posko STAPALA

 
Leave a comment

Posted by on January 4, 2012 in Referensi Pendakian, Wisata

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Monggo,, silahkan meninggalkan komentar, kritik, saran dan masukan disini, jangan sungkan-sungkan..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s