RSS

MAHAMERU – Chapter 5: Mengintip Keindahan Gunung Bromo

30 Jun

Mahameru Chapter 5:  Mengintip Keindahan Gunung Bromo

bromo dari semeru

Jeep melaju dari arah tumpang menuju base camp ranu pane. Pelan namun pasti mobil mungil yang dijejali dengan 18 penumpang plus delapan belas tas carier itu menaiki tanjakan tanjakan berliku desa gubug klakah, lalu dengan gesit menikung tajam dan mengepulkan debu dan asap yang berhamburan sepanjang jalanan. Lima belas orang berdiri dibagian belakangnya yang terbuka, tiga orang lagi duduk di kap depannya, sedangkan tiga orang sisanya, saya (teplox 940), pak ketum Jupret 858, dan Gembez 882 duduk di penutup bak terbuka tepat diatas bumper belakang kendaraan perkasa itu. Terpaksa kami harus menggunakan tali webbing sebagai pengaman sepanjang perjalanan. Dan tak ayal seluruh badan kami bermandikan debu yang beterbangan. Jaaan cuk tenan..!!

Selepas gubug klakah pemandangan didominasi oleh perkebunan penduduk yang berada pada lereng perbukitan. Polanya unik, terrasering, zigzag, dan diagonal. Mungkin untuk mengatur aliran air agar tatkala hujan tidak terkena erosi. Metode pertanian tradisional yang cukup sempurna. Lahan-lahan yang ditanami daun “onclang” (di beberapa daerah menyebutnya loncang), bawang merah, kol dan brokoli. Subur sekali nampaknya tanah disana.

Gunung bromo dilihat dari sisi yang lain

Puas menyaksikan lahan perbukitan, mata kami dibelalakkan oleh sebuah pemandangan yang sungguh menakjubkan. Di sebelah kiri kami, gunung bromo anggun menjulang. Retakan-retakan yang membentuk bilur-bilur aliran lava berpadu dengan hijau rumput yang menyelimutinya. Dibawahnya, sebuah lembah dan padang yang luas terhampar dihadapan mata. “Padang Telletubbies”, demikian kami menyebutnya. Subhanallah, baru sepanjang perjalanan saja sudah sedemikian indahnya. Tak lupa rombongan berhenti sejenak untuk menyempatkan berfoto-narsis ria. Hehe.. Selanjutnya perjalanan akan terasa mengasyikkan karena sesekali kami berteriak dan bersorak sorak ketika mendapat kesempatan untuk mengintip keindahan padang telletubbies yang kadang terhalang bukit dan pepohonan.

Jeep dan Rombongan di pasar Tumpang

Tidak terasa setelah tiga jam berjalan dari Tumpang, rombongan akhirnya sampai juga di pos pendakian ranu pane (Ranu Pani). Disana terdapat komplek pos registrasi pendakian, posko SAR, musholla, warung makan dan toko souvenir. Agak turun sedikit kita dapat menikmati dinginnya air danau (ranu) pane yang di bagian tepinya tertutup sejenis lumut atau ganggang hijau. Penduduk sekitar menyebutnya “regulo”. Agak jauh ke sana, kearah belakang danau, terdapat area camping yang dilengkapi dengan rumah panggung yang dapat digunakan untuk bermalam. Namun setelah saya dan kace 927 mengecek lokasi ternyata keadaanyya sungguh memprihatinkan. Sampah menggunung dan berserakan, kamar mandi tidak terawatt dan tak dapat dipergunakan, sedangkan rumah panggung besar masih kokoh berdiri namun sepertinya jarang dijamah pendaki.

Rombongan akhirnya memutuskan untuk bermalam di posko SAR yang kondisinya dirasa lebih nyaman walaupun keadannya cukup kotor dan jarang dibersihkan.

 
4 Comments

Posted by on June 30, 2011 in Catatan Perjalanan

 

Tags: , , , , ,

4 responses to “MAHAMERU – Chapter 5: Mengintip Keindahan Gunung Bromo

  1. putianggraini

    June 14, 2011 at 1:29 am

    salam mas…..
    apa kabarnya…..????
    wah tulisan ini membuat saya iri……
    pengen juga mendaki… melihat kebesaran dan keagungan Allah akan ciptaanNya.
    terasa damai kalau dapat menyatu dengan Alam….

     
    • azhyzmaghfur

      June 17, 2011 at 11:16 am

      wa’alaykumsalam..
      alhamdulillah baik mbak, mbak sendiri gmn kbarnya?🙂
      Hmmh.. mentadabburi alam sekaligus refreshing dan jalan2, hhe..
      Mbak anggraini punya hobi hiking dan berpetualang ke alam juga?

       
  2. lukisan pemandangan

    November 18, 2011 at 2:18 pm

    salam kenal…

    wah asik ya bisa ber hiking dan menikmati keindahan alam….

     
    • 940 (azhyzmaghfur)

      December 2, 2011 at 5:52 pm

      salam kenal sob..🙂
      Berminat untuk gabung? sekedar jalan2 menikmati alam Indonesia yg kueren2. hhe..
      trimakasih atas kunjungannya..🙂

       

Monggo,, silahkan meninggalkan komentar, kritik, saran dan masukan disini, jangan sungkan-sungkan..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s