RSS

MAHAMERU – Chapter 1: Prolog

15 Jun

Mahameru – Chapter  1:  Prolog

Tulisan ini saya dedikasikan untuk Melina (Kucir) 935, Nesty (Tumber) 928, Gimbal 909, Om Daris (Pak Dosko) 802, sahabat dan teman-teman seperjalanan, Pakbos Jupret  858, Change 879, Odol 856, Gokong 869, Gawon, Balung 910, Gembez 882, Kalut 907, Palpi 901, Kace 927, Para sempak alam: Yogha, Bernard, dan Rizal. Kawan-kawan STAPALA, serta semua pihak yang telah mensupport dan mengantarkan kami ke puncak tertinggi tanah jawa, puncak mahameru, puncaknya para dewa.

Teriring rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kami kesempatan untuk menempuh perjalanan dan petualangan yang begitu luar biasa. Puncak mahameru yang selama ini hanya sebatas menjadi mimpi, Alhamdulillah tempo hari kami berkesempatan mengunjunginya, menapaki setiap jengkal hutannya,  berlarian diantara padang rerumputannya, dan dengan mesra mencumbui pasirnya.

Sepanjang perjalanan yang penuh makna, penuh cerita. Mulai dari obrolan rencana keberangkatan yang begitu ringan dan terkesan slengean, persiapan peralatan dan segala ubo rampenya yang baru lengkap menjelang detik detik keberangkatan, perjalanan dengan kereta ekonomi menuju kota Malang yang memprihatinkan namun penuh kesan dan kehangatan, sampai trip yang dimulai dari camp posko SAR ranu pane, pertemuan dengan Iwan Sunter, sang pejalan kaki Jakarta Semeru yang tidak lain adalah adik dari Pak Kuwat Slamet (Dosen dan pejabat STAN),  menikmati indahnya ukiran tebing watu rejeng, menenguk segarnya air ranu kumbolo, sembari menyaksikan kilauan cahaya metahari yang terpendar diatas permukaan danaunya yang subhanallah indahnya, lalu menjajal ketangguhan mitos “tanjakan cinta”, menyusuri bukit teletubbies dan  oro oro ombo yang indah mempesona,  cemoro kandang dengan hutan pinus yang tiada habis-habisnya, mengintip puncak mahameru dari bukit ayeg eyeg, melewati alas jambangan, hingga kemudian langkah kami terhenti sejenak di camp kalimati.

Cerita tak hanya sampai disitu saja. Masih ada kisah bagaimana summit attack di tengah malam gulita, mencoba menembus hutan dan merayap naik menuju reco podo dalam dinginnya udara dan tekanan oksigen yang semakin tipis, batas vegetasi yang tak kunjung habis. Semangat dan rasa frustasi datang silih berganti, berkecamuk dalam hati ketika kaki kami tidak lagi menapaki tanah dan rerumputan, melainkan pasir dan bebatuan yang selalu berguguran mengiringi setiap langkah kaki. Teriakan, keluhan, bahkan umpatan pun satu persatu meluncur untuk saling menyemangati. Hingga akhirnya sujud syukur dan gumam takbir yang bergema tatkala kami berhasil sampai di puncaknya (3.676 Mdpl).  Sebuah rangkaian cerita yang tak kan habis dalam obrolan satu malam. Tentu saja, kami akan menceritakan kisah kisah seru petualangan itu, di lain waktu.

Sekarang, saya harus menyelesaikan outline laporan PKL dulu, sudah dikejar kejar waktu, hehehe.. untuk yang penasaran dengan ceritanya, bisa membaca catatan perjalanan yang telah ditulis oleh Pakbos Jupret 858. Selamat menyelami petualangan ini…!🙂

*ditulis disela-sela penyusunan outline lap. PKL semester akhir

Berikut catatan perjalan pendakian Gunung Semeru yang ditulis oleh Achmad Zulfikar Fauzi:

Semeru Gagah Chapt 1

Semeru Gagah Chapt 2

Semeru Gagah Chapt 3

Semeru Gagah Chapt 4

Semeru Gagah Chapt 5

 
4 Comments

Posted by on June 15, 2011 in Catatan Perjalanan

 

Tags: , , , , ,

4 responses to “MAHAMERU – Chapter 1: Prolog

  1. dosko

    June 8, 2011 at 1:39 pm

    jiah, ramutu. Bikin cerita sendiri dong! dari sudut pandangmu

     
  2. darisjati

    June 9, 2011 at 6:50 am

    chapter lorone endi? kok langsung 3?

     
    • azhyzmaghfur

      June 17, 2011 at 11:18 am

      hehe hehe, ketlingsut pak..
      nanti insyaallah segera dipublish…

       

Monggo,, silahkan meninggalkan komentar, kritik, saran dan masukan disini, jangan sungkan-sungkan..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s