RSS

UAS Berakhir, Saatnya Liburan…!!!

25 Feb

UAS BERAKHIR, SAATNYA LIBURAN

Alhamdulillah… Setelah dua minggu bergulat dengan Ujian Akhir Semester yang bikin kepala cenat-cenut sekarang akhirnya selesai sudah.

UAS mengharuskan tubuh kurus ini begadang setiap malam, bahkan tak jarang sampai subuh menjelang. Kebiasaan itu terpaksa saya lakukan demi mempelajari materi-materi ujian yang sebelumnya nyaris tak pernah tersentuh. Walhasil satu-satunya cara belajar adalah dengan menerapkan sebuah teknik belajar yang terkenal di Jepang dengan nama sistem SKS, hehe, kepanjangannya adalah sistem kebut sampai subuh. Meskipun banyak pakar yang  tidak merekomendasikan teknik ini, tapi bagi saya pribadi sistem ini terbukti sangat ampuh dan efektif lhooo. Sebelum belajar biasanya pemanasan dulu dengan nonton film. Kalau di posko Stapala, biasanya nonton filem rame-rame menggunakan LCD hasil kolusi salah seorang kadiv kami (sebut saja mr.x) dengan petinggi salah satu lembaga kemahasiswaan, plus sound system mantab kepunyaan salah satu senior sangat memanjakan mata dan telinga penikmat film seperti saya.  Berbeda dengan keadaan dikosan yang paling hanya nonton filem-filem yang ditayangkan di bioskop transtv, atau malah bermain kartu remi dengan teman-teman se-organda yang tinggal di komplek pesut dua.

Ketika malam mulai beranjak larut, baru kemudian saya menyempatkan waktu selama  5-10 menit untuk membaca dan menghafal kisi-kisi dan materi ujian yang akan keluar esok hari, dilanjut dengan buka fecebook 15 menit, ngaskus 30 menit, lalu sejenak menghirup udara segar diluar sambil menikmati segelas kopi, lalu belajar lagi. Begitu terus polanya berulang-ulang sampai pagi. Kalau dihitung-hitung dari habis isya sampai adzan subuh, mungkin total waktu belajarnya nggak sampai 3 jam kali. Hehe parah..!

Ujian akhir semester kali ini bisa dibilang berjalan lumayan lancar, walaupun mungkin hasilnya tidak terlalu maksimal.  Tapi yang jelas hampir semua mata kuliah yang diujikan bisa kuisi dengan tulisan yang memenuhi lembar jawab folio yang disediakan. Sepertinya saya cukup pandai mengarang jawaban, mengarang dan mencampur adukkan teori-teori seenak udhel saya sendiri, bahkan perhitungan pun tanpa rasa bersalah juga merupakan hasil karangan dan pengawuran. Apalagi saat ujian pemeriksaan pajak yang bener-bener nggak jelas itu. Ketika diminta mengisi KKP sebanyak 40 halaman saya malah terkantuk kantuk dan sesekali pura-pura memegang kalkulator. Kemudian mengisi kolom-kolom dengan hasil imajinasi. Mungkin sang dosen cuma bisa geleng-geleng kepala dan memberikan nilai belas kasihan semata, haha. Tapi setidaknya, untuk mata kuliah lainnya cukup terbantu dengan adanya kisi-kisi dan pembahasan materi dari tim sukses ujian angkatan (kami menyebutnya ti humas pajak). Modul dan pembahasan kisi-kisi terasa sangat membantu belajar mahasiswa yang tidak terlalu berambisi mengejar IP tinggi seperti saya ini. Mungkin penempatan kerja bisa ditentukan oleh IPK, tapi karier dan kebebasan menikmati kehidupan tidak mutlak diukur dari angka tinggi sebuah indeks prestasi, (mencoba menghibur diri). Daari matakuliah pengembangan kepribadian yang saya dapatkan, kesuksesan adalah cara kita menemukan keseimbangan, mendapati kebahagiaan, dan menikmati proses pencarian kesuksesan itu sendiri. Ditambah lagi “Kebahagiaan itu cuma lo sendiri yang bisa ngukur bro.. dan susah-sedih itu juga tergantung gimana lo nyikapi keadaan..” begitu kata temenku beberapa waktu lalu.

Apapun hasil ujian kemaren, yang penting saya sudah usaha!! dan sebagai orang yang mengaku beriman, sudah selayaknya menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. Istilah inggrisnya “ikhtiar dan tawakkal”, “sing uwis yo uwis”, “kerjakan dan lupakan”. (haha, menghibur diri lagi). Yang penting sekarang saatnya liburan, saatnya melepas segala penat pikiran. Pulang ke kampung halaman untuk melepas kangen dengan suasana pedesaan yang jauh dari keramaian. Saatnya mengistirahatkan kartu IM3 dan terpaksa menggantinya dengan provider XL ataupun Telkomsel. Saatnya menemani bapak memanen padi di sawah, atau membantu ibu menyirami bawang merah. Saatnya bertengkar dan bercengkrama dengan adik-adik keponakan yang nakal-nakal di rumah. Ahhhhh… tak sabar rasanya aku ingin segera pulang..

Buat kawan-kawanku mahasiswa STAN, selamat menikmati liburan panjang…

Buat yang liburan ini berencana mendaki Ungaran, Sindoro, ataupun Merbabu, jangan lupa hubungi aku. Sekian dan wassalam…

 
8 Comments

Posted by on February 25, 2011 in Catatan Harian

 

Tags: , ,

8 responses to “UAS Berakhir, Saatnya Liburan…!!!

  1. Dosko

    February 25, 2011 at 4:18 pm

    ndeso kluthux ra ono sinyal M3, wkwkwk

     
    • azhyzmaghfur

      February 25, 2011 at 4:26 pm

      hwkwkwkwk..
      rapopo pak.. penting nek ng*s*ng wez ra neng kali..

       
  2. jenthik

    February 25, 2011 at 6:04 pm

    gimana sob, carrier ane?
    pulang kapan?

     
    • azhyzmaghfur

      February 27, 2011 at 3:22 am

      oh iya bang, ane insyaallah balik minggu sore. Njenengan??
      nanti ane anter ke kosan.. makasih ya cariernya sudah menemani sampai puncak sumbing..

       
  3. Ebaz

    February 27, 2011 at 12:04 pm

    selamat Libur Plox.. ane baru mau UTS ini, 2-10 Maret. Tulisan jujur, enak dibaca.. suka ngopi juga? ah kalo gt bolehlah kita join kopi bareng. Dan jangan lupa 24-26 Maret yaa Salak kita..

     
    • azhyzmaghfur

      April 21, 2011 at 10:06 am

      Thx capt..🙂
      Yuuuhuuuu… kangen ngopi2 bareng sabumi…

       
  4. masnurhuda

    March 1, 2011 at 11:48 am

    Ayo nGgunung….

    a.b.c.d.e.f.GH.STAPALA

     
    • azhyzmaghfur

      April 21, 2011 at 10:07 am

      ayooooo…!!!
      setuju dg quotemu ce…
      gak peduli darimana dapet pembaiayaan, sg penting munggah gunung..!! haha

       

Monggo,, silahkan meninggalkan komentar, kritik, saran dan masukan disini, jangan sungkan-sungkan..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s